Ilmu Administrasi Negara: Pengertian dan Prospek Kerjanya

Jumat, 26 Maret 2021 00:43 WIB
Reporter : YantoSetaiwan
Ilmu Administrasi Negara: Pengertian dan Prospek Kerjanya (Foto: Agus S-detikcom)

Jakarta – Sebagai warga negara, kita biasa terlibat dengan urusan administrasi publik. Para petugas yang melayani kita sebagai masyarakat, biasanya mempelajari ilmu administrasi negara.

Administrasi negara (Public Administration) adalah suatu “species” dalam lingkup “genus” administrasi yang bermakna sebagai kegiatan manusia yang koperatif. Species lainnya yang sejenis seperti administrasi niaga atau perusahaan (Business Administration) administrasi privat non perusahaan niaga.

Baik administrasi negara maupun administrasi niaga/perusahaan sudah dikembangkan sebagai cabang-cabang ilmu di dunia pendidikan tinggi bahkan menjadi fakultas.

Contohnya di barat seperti Cornell University, memiliki “School of Public and Business Administration”, dan di Indonesia memiliki banyak perguruan tinggi dengan Fakultas Ketatanegaraan/Ketataniagaan atau jurusan Administrasi Negara.

Jadi, jurusan Ilmu Administrasi Negara adalah rumpun sosial yang di beberapa kampus berganti nama menjadi jurusan Ilmu Administrasi Publik.

Perubahan nama ini memperluas ranah kajian administrasi, bukan hanya tentang cara negara atau pemerintah melayani rakyat, tapi juga mengkaji bagaimana tinjauan administrasi dunia bisnis, kemasyarakatan, dan kebijakan publik.

Pada jurusan Ilmu Administrasi Negara atau Ilmu Administrasi Publik, detikers akan belajar dunia pemerintahan mulai dari sistem pemerintahan, pembangunan, kebijakan publik, masyarakat, hingga segala hal yang berkaitan dengan birokrasi.

Jurusan atau program studi (prodi) ini sangat sesuai untuk orang yang peduli akan kondisi pelayanan masyarakat dan kebijakan-kebijakan publik. Detikers dapat mempelajari bagaimana pelayanan masyarakat yang benar, cara mengkaji birokrasi, atau seperti apa pembangunan negara yang baik.

Nah, ada beragam mata kuliah yang tentunya menarik di dalam jurusan Ilmu Administrasi Negara ini. Diantaranya seperti Pengantar Ilmu Administrasi Publik, Hukum Administrasi Publik, Sistem Politik Indonesia, Teori Administrasi Publik, Sistem Pemerintahan Indonesia, Teori Manajemen Publik, Sistem Pemerintahan Daerah, Ekologi Administrasi, Teori Birokrasi Publik, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan masih banyak lagi.

Apakah detikers tertarik untuk masuk ke jurusan Ilmu Administrasi Negara?

Jika iya, ada beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan jurusan ini. Diantaranya yaitu Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Hasanuddin, Universitas Padjadjaran, Universitas Andalas, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Surabaya, dan masih banyak lagi.

Lalu, bagaimana prospek mahasiswa lulusan Ilmu Administrasi Negara?

Umumnya, mereka akan terjun ke instansi-instansi pemerintahan pusat maupun daerah, dalam golongan PNS atau non-PNS. Tidak hanya di instansi pemerintahan, tapi juga berbagai instansi non-pemerintahan di bidang pelayanan publik dan sosial, atau instansi bidang ekonomi dan pembangunan.

Beberapa contoh profesi lulusan Ilmu Administrasi Negara adalah sebagai aparat pemerintah, asisten peneliti, staf atau anggota legislatif pusat maupun daerah, anggota partai politik, aktivis LSM/organisasi masyarakat, tenaga pendidik atau dosen, konsultan pemerintahan, dan lain sebagainya. (pal/pal)

 

Sumber : https://www.detik.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

bannera
iklan-besar-fix

Berita Terpopuler

Berita Teknologi

Berita Politik

bannera

Berita Ekonomi