Dongkrak Ekonomi Warga, Kades Gejakan Terobos Usaha Penggemukan Sapi Dan Kambing

Kamis, 9 September 2021 06:01 WIB
Reporter : YantoSetaiwan

 

NGANJUK, Abdirakyat.com –  Upaya pencapaian program pemberdayaan masyarakat lintas sektor tampaknya intens dilakukan Kepala Desa Gejakan Kecamatan Loceret, Nganjuk, Dedi Nawan.

Itu dibuktikan dengan terbentuknya Kelompok Usaha Bersama (Kube) sektor peternakan penggemukan sapi dan kambing. Untuk mengoptimalkan usaha tersebut, desa telah memfasilitasi sarana prasarana berupa kandang, mesin pencacah pakan ternak juga sejumlah ekor sapi dan kambing yang diserahkan kepada kelompok peternak binaan.

“Program ini adalah bentuk upaya desa dalam rangka peningkatan ekonomi kerakyatan,”terang M.Shodiqin, salah satu peternak binaan desa.

Dikatakan M. Shodiqin juga, bahwa desa tidak hanya memfasilitasi bantuan sarana prasarana saja, namun juga membekali ilmu seputar bagaimana menjadi peternak sukses dan berwawasan global dengan mendatangkan tim penyuluh dari Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu Jawa Timur untuk memberikan bimbingan teknis kepada kelompok peternak diantaranya cara membuat pakan ternak tepat guna.

Tema yang diangkat dalam pertemuan tersebut yaitu bimbingan teknis peningkatan kapasitas petani yang digelar di Kantor Desa Gejakan dihadiri para nara sumber dari balai besar diantaranya Ariffien, SP,M.Si juga DR.H.Syahrul Yasin Limpo, SH,M.Si,MH. Sementara anggota DPR. RI. Komisi lV, Ir Mindo Sianipar diskusi lewat zoom meeting.

Sementara dikatakan Kepala Desa Gejakan, Dedi Nawan berharap usaha penggemukan sapi dan kambing ini bisa berkembang dan bisa mendongkrak ekonomi warga selain sektor agraris dan home industri. “Tentunya diperlukan pe ndampingan kepada peternak selain bimtek pembuatan pakan ternak tepat guna, tak kalah pentingnya akses jaringan konsumen,”papar Dedi Nawan.

Untuk diketahui, bahwa kegiatan ini terselenggara kerjasama antara Badan Penyuluhan dan Pembangunan SDM Kementrian Pertanian dengan Komisi lV DPR RI. (adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

bannera
iklan-besar-fix

Berita Terpopuler

Berita Teknologi

Berita Politik

bannera

Berita Ekonomi