Perhutani Jombang Bersama Anggota DPR RI Tabur 20 Ribu Benih Ikan Nila Hitam

Rabu, 6 Oktober 2021 08:07 WIB
Reporter : YantoSetaiwan

 

JOMBANG, Andirakyat.com – Untuk menjaga kelestarian dan meningkatkan populasi ikan, Perhutani KPH Jombang bersama dengan anggota DPR RI, anggota DPRD Provinsi Jatim dan Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, serta instansi terkait melakukan penaburan benih ikan Nila hitam.

Penaburan 20 ribu benih ikan nila hitam dilakukan di Embung (dam) Banggle, Petak 88c, RPH (Resort Pemangkuan Hutan) Banggle, BKPH (Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan) Ngujung Timur, yang terletak di Desa Banggle, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk. Rabu, (06/10/2021).

Administratur KPH Jombang, Muklisin mengatakan, kegiatan ini sangat penting untuk menambah stok di perairan umum, sebab makin berkurangnya populasi ikan di embung (dam)

“Banyak perairan yang mengalami penurunan kuantitas dan kualitas, karena ekosistem yang terganggu. Terutama disebabkan adanya pencemaran lingkungan dan lain-lain, sehingga dapat merusak ekosistem alam,”terangnya.

Muklisin menambahkan, bahwa pada lokasi sekitar embung tersebut juga sudah dilakukan proses kegiatan penanaman tanaman buah berkayu.

“Tanaman buah berkayu tersebut mempunyai nilai manfaat ekonomi, serta konservasi yang cukup bagus. Secara konservasi, dia akan tetap berfungsi bagus dan potensi untuk dicuri itu kecil. Sedangkan untuk buahnya, bisa memberikan manfaat ekonomi untuk masyarakat sekitar hutan,”pungkas Administratur KPH Jombang, Muklisin. 

ADM Jombang Muklisin bersama anggota DPR RI saat tabur benih ikan Nila

 

 

 

 

 

 

 

Sementara itu, Anggota DPR RI, Hj. Sadarestuwati, S.P., M.MA mengatakan, kegiatan penebaran benih ikan di embung (dam) ini merupakan salah satu kepedulian kita untuk menjaga kelestarian sumberdaya perikanan agar tetap stabil dan berkelanjutan.

“Penebaran benih ikan ini diharapkan mampu memberikan nilai tambah bagi semua pihak, sehingga perlu dipelihara dan dimanfaatkan dengan baik. Untuk itu, kegiatan penebaran benih ikan ini perlu terus dikembangkan lagi dan diperluas, agar bias bermanfaat bagi pengembangan ekonomi masyarakat,”harapnya.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya, Administratur KPH Jombang Muklisin, Anggota DPR RI, Hj. Sadarestuwati, S.P., M. MA, Anggota DPRD Provinsi Jatim Bagus, Ketua DPRD Nganjuk Tatit, Camat Lengkong Sudono, Kapolsek Lengkong AKP. Roni, Kepala Desa Banggle Tarminto, serta masyarakat Desa Bangle. (rd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

bannera
iklan-besar-fix

Berita Terpopuler

Berita Teknologi

Berita Politik

bannera

Berita Ekonomi