Penyerahan Instalasi Kampanye 3M Anak-Anak Desa Tanjungwadung Kabuh

Minggu, 3 Oktober 2021 09:42 WIB
Reporter : YantoSetaiwan

 

JOMBANG, Abdirakyat.com – Sebanyak 35 Anak dari Desa Tanjung Wadung, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menyebarkan Seni Kampanye 3 M dimasa pandemi Covid-19, yakni (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan) di Pendopo Pemkab Jombang. pada Minggu (3/10/2021) pagi.

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab sangat mendukung dan memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Akatara JSA dan Unicef ​​bersama Pemerintah Kabupaten Jombang yang berinisiatif dalam kegiatan ini. Sehingga anak-anak berkolaborasi melalui karya seni dari sampah untuk kampanye 3 M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir) bersama Badala Nusantara Jombang dan Sanggar Hijau Indonesia.

Badala Nusantara adalah, komunitas di Kabupaten Jombang yang bertujuan untuk membangun ruang belajar alternatif bagi anak – anak dan berdampingan untuk memanfaatkan sampah-sampah plastik untuk diolah menjadi produk permainan anak. Mereka juga di ajari untuk memproses sampah dan permainan tradisional. Kemudian diajak berkegiatan dialam bebas, seperti di sawah, di bantaran sungai, di kebun dan di bawah rindang hutan kosong milik warga.

Bupati menilai kegiatan positif ini, sehingga anak juga bisa ikut mengkampanyekan 3 M di lingkungan keluarganya. Anak juga memiliki keberanian dan rasa percaya diri untuk berekspresi dan berkreasi dibidang seni.

Menurut Bupati, bahwa pendidikan anak yang terbaik dimulai dari lingkungan terkecil yakni keluarga. Oleh karenanya di Kabupaten Jombang ini ada sekolah keluarga (Segara Samawa) untuk mendidik para calon orang tua, para calon pengantin.

“Untuk melahirkan yang baik, juga harus dimulai dengan pernikahan yang baik,”tutur Bupati Mundjidah Wahab.

Masa pandemi Covid-19 ini adalah momentum untuk meningkatkan kepedulian semua pilar bangsa Indonesia, baik orangtua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media massa dan pemerintah terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus.

“Melalui kepedulian dalam menghargai, menghargai dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi, serta memastikan segala hal yang terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak Indonesia dan secara optimal,”pungkas Bupati Jombang.

Kepala Kantor Perwakilan UNICEF di Surabaya, Ermi Ndoen, PhD juga mengapresiasi kegiatan positif anak Desa Tanjung Wadung Kabuh yang tetap kreatif berkreasi di bidang seni, meski ditengah pandemi Covid-19. Apa lagi dari mereka memanfaatkan sampah untuk berkreasi dalam mengkampanyekan 3 M.

Disampaikan oleh Ermi Ndoen Pemasangan dan Publikasi Seni Instalasi 3M, ini merupakan pembuka dari Road To Child Universal Day yang jatuh pada tanggal 20 November 2021.

“Kita mengajak anak Jombang, khususnya yang ada di Desa Tanjung Wadung Kabuh untuk turut mengkampanyekan 3 M melalui karya seni mereka yang luar biasa dengan memanfaatkan sampah. Sehingga menjadikan sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat dan mampu mengedukasi,”katanya.

Untuk itu, Ermi Ndoen berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai disini, tetapi juga akan diikuti oleh anak-anak Desa lain yang ada di Kabupaten Jombang.

Anak-Anak Tanjung Wadung, Kecamatan Kabuh pada acara tersebut menampilkan kemampuan mereka dalam Orasi Kampanye 3 M dan melindungi Bumi dari Sampah sebagai bagian dari menuju Hari Anak Dunia 20 November 2021 yang dibawakan oleh Anggi Eka Pratiwi dan Puisi 3 M oleh Alya. Mereka dengan gembira dan penuh percaya diri menyampaikan yel yel, serta tepuk tangan Corona bersama undangan yang hadir.

Anak anak juga berani mempresentasikan bagaimana proses mereka menghasilkan Instalasi Seni Kampanye 3 M berupa miniatur virus Corona, aneka mainan seperti pesawat, bunga, dari hasil pemanfaatan barang bekas/sampah itu, dihadapan Bupati Mundjidah Wahab dan Kepala Kantor Perwakilan UNICEF di Surabaya, Ermi Ndoen.

Hadir pada acara tersebut, PLH. Sekretaris Daerah, Senen, MKP, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ilham Hero Koentjoro, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agus Purnomo, Kepala DPPKB-PPPA, Nur Kamalia, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Miftahul Ulum. (rd/st/adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

bannera
iklan-besar-fix

Berita Terpopuler

Berita Teknologi

Berita Politik

bannera

Berita Ekonomi