Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan RI Ke 76, di Jombang Digelar Secara Virtual

Selasa, 17 Agustus 2021 07:13 WIB
Reporter : YantoSetaiwan

 

JOMBANG, Abdirakyat.com – Doa Lintas Agama untuk mensyukuri nikmat atas Kemerdekaan RI Ke 76 tahun 2021 di Kabupaten Jombang diera pandemi Covid 19 masih dilaksanakan secara terbatas, virtual dan protokol kesehatan ketat dari Pendopo Pemkab Jombang, Selasa, (17/8/2021).

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Jombang, Wakil Bupati Jombang peserta para pemuka Agama Islam berada di Pendopo Pemkab Jombang. Sementara dari Pemuka agama yang lain berada di tempat peribadatan masing – masing masih.

Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Para Veteran / Pejuang Perintis Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Organisasi Kemasyarakatan melaksanakannya secara virtual dikediaman masing-masing.

“Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT, sehingga kita dapat bersama-sama menyelenggarakan malam Tasyakuran HUT ke-76 Proklamasi Kemerdekaan RI. Saya menghimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga kesehatan seperti yang dianjurkan oleh pemerintah agar untuk menerapkan protokol kesehatan dengan 5 M,”tutur Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab mengawali sambutannya.

Menurut Mundjidah Wahab, putri Pahlawan Nasional KH. Abd. Wahab Chasbullah malam tasyakuran kita tidak hanya mengenang jasa para pahlawan terdahulu, tapi juga menghargai perjuangan pahlawan garda terdepan yang banyak gugur di medan perang dalam proses penyembuhan pasien Covid-19.

 

“Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat mendoakan semua yang terlibat dalam penanganan covid-19. Termasuk warga yang saat ini diberikan agar kesembuhan. Demikian pula, korban yang meninggal dunia agar Allah SWT diberikan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT”, tutur Bupati Mundjidah Wahab. 

 

“Marilah kita menengok sekitar, adakah kawan, tetangga, dan kerabat kita yang membutuhkan bantuan? Janganlah kiranya kita menutup mata dan telinga ketika melihat saudara kita sedang. Kita harus percaya, membantu melalui hal-hal sederhana dapat memberikan dampak yang besar bagi kehidupan umat manusia,”imbuhnya.

Pada Peringatan Kemerdekaan tahun ini dilaksanakan secara sederhana, namun hal itu bukan berarti semangat dan jiwa nasionalisme yang terpatri di hati berkurang, justru semangat nasionalisme tersebut diaplikasikan dalam seremonial sederhana dengan menggelar malam tasyakuran.

Pandemi Covid-19 “memaksa” kita untuk beradaptasi dengan tata kehidupan yang baru di setiap kehidupan, termasuk dalam peringatan HUT Kemerdekaan saat ini, kegiatan yang dapat dikumpulkan seperti dihindari sebisa mungkin untuk mencegah penyebaran Covid-19 semakin meluas dan memutus mata rantai Covid-19

Pada malam tasyakuran ini, perjalanan kita mencatat peristiwa bersejarah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia bisa menjadi proses pembelajaran dan sumber inspirasi yang mampu mengangkat kita dari berbagai masalah bangsa.

Tasyakuran ini menjadi punya makna lebih, karena kita mampu menjaga hati dan memperkuat iman, agar dapat segera lepas dari jerat permasalahan bangsa dan pandemi covid-19 sekarang ini.

76 tahun sudah kita mengenyam kemerdekaan, 76 tahun sudah mengisi dengan bersama-sama membangun tanah air yang kita cintai. Banyak kemajuan yang telah kita raih, banyak kenikmatan yang telah kita rasakan. Telah banyak pengorbanan, baik yang berupa harta benda, darah, bahkan nyawa untuk mencapai kemerdekaan, sampai dengan mempertahankan dan mengisi alam kemerdekaan dengan membangun bangsa.

Oleh karena itu, marilah pada kesempatan yang amat mulia ini, berdoalah kita berdoa, semoga para pahlawan kemerdekaan yang gugur diampuni segala dosa dan kekhilafannya, serta perjuangannya diterima sebagai amal yang baik dan arwahnya ditempatkan di sisi Allah SWT. 

 

Tema peringatan hari ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 adalah “Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh”, seperti diketahui, berbagai krisis telah menimpa indonesia mulai dari krisis 1998 hingga pandemi covid-19, namun Indonesia harus tetap tumbuh dan bangkit. Dengan ketangguhan dan berbagai upaya yang dilakukan di masa pandemi maka Indonesia akan tumbuh.

Tema tersebut mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam melewati jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik. Tema Indonesia Tumbuh Tangguh, Indonesia juga memiliki makna sebagai stabilisasi atau penyeimbang dan pembangunan.

Semoga peringatan hari ulang tahun ke-76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021dan berbagai program pembangunan yang telah, sedang, serta akan kita lakukan, dapat benar-benar menjadi upaya positif bagi perubahan kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik, maju, dan sejahtera, menuju tercapainya visi bersama mewujudkan Jombang yang Berkarakter dan Berdaya Saing, pungkas Bupati.

Doa malam tasyakuran dipimpin oleh masing-masing pemuka mulai dari Konghucu, Hindu, Budha, Katholik, Kristen dan agama Islam. Serta ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Jombang.

Selanjutnya pada pukul 23.30 dilanjutkan dengan agenda Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan. (ry/st/adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

bannera
iklan-besar-fix

Berita Terpopuler

Berita Teknologi

Berita Politik

bannera

Berita Ekonomi