4 Persiapan Penting Menyambut Bulan Puasa Ramadhan

Senin, 5 April 2021 15:48 WIB
Reporter : YantoSetaiwan
Rochmad Abidin. STP DPRD FPKS Kabupaten Jombang

Bulan Suci ramadhan tinggal sepekan ke depan. Suatu kebahagiaan tersendiri bagi seorang muslim menyambut bulan yang penuh barokah ini. Ramadhan menjadi bulan yang selalu dinanti-nanti umat muslim setiap tahunnya. Beribu kutamaan ada di bulan ini, seakan memenuhi setiap ruang dan waktu. Pahala yang mengalir deras berlipat ganda, serta ampunan yang maha luas tak terbatas. Momentum ini seakan menjadi jalan pintas bagi umat muslim untuk menghimpun pahala sebanyak-banyaknya.

Untuk, mendekatkan keutamaan tersebut, kiranya perlu menyambut tamu Allah yang agung ini dengan mengadakan pembekalan ruhani dan pengetahuan tentang Ramadhan dengan sebaik baiknya. Diantara bekal bekal yang harus dimiliki didalam menyosong bulan mulia ini dengan

Pertama Mempersiapkan persepsi yang benar tentang bulan Ramadhan

Untuk memberikan motivasi agar beribadah dalam bulan Ramadhan ini bisa dilaksanakan dengan maksimal, sebelum Ramadhan datang Rosulullah SAW mengumpulkan para sahabatnya guna memberikan persepsi yang benar dan mengingatkan betapa mulia bulan Ramadhan dalam sebuah hadits panjang rosulullah bersabda :

Dari Salman ra Beliau berkata : Rosulullah berkhutbah ditengah tengah kami pada bulan sa’ban bersabda: Hai manusia telah menjelang kepada kalian bulan yang sangat agung yang penuh barokah, yang didalammnya ada malam yang lebih baik dari seribu bulan, bulan dimana yang Allah telah menjadikan puasa didalammnya sebagai puasa wajid, qiyamullailnya Sunnah, barangsiapa yang pada bulan ini mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan amalan wajib tujuh puluh kali bulan lainya, ….dsb(HR. Ibnu Hujaimah, Beliau berkata ini adalah hadits sahih)

  1. Membekali diri dengan Ilmu yang cukup

Sasaran dari ibadah puasa adalah untuk meningkatkan kualitas Iman dan Taqwa kita. Untuk itu ibadah puasa harus dilakukan dengan tata cara yang benar, sebagiamana sabda Rosulullah SAW

Banyak orang yang berpuasa yang tidak mendaptkan apa-apa dari puasanya kecuali lapar. Dan banyak orang sholat malam tidak mendapatkan apa apa dari sholatnya kecuali bergadang (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah)

Dari hadist diatas bahwa membekali diri dari segala ilmu yang berkaitan dengan puasa memang akan sangat berpengaruh terhadap kemampuan kita untuk meningkatkan kualitas ketaqwaan kita melalui bulan Ramadhan yang mulia ini.

  1. Melakukan Persiapan Jasmani dan Ruhani

Sebelum masuk bulan Ramadhan, Rosulullah mengajarkan kepada kita agar banyak melakukan ibadah puasa di bulan Sya’ban. Dengan banyak berpuasa di bulan Sya’ban berarti kita telah mengkodisikan diri dari sisi Ruhiyah dan jasadiyah, kondisi ini akan sangat positif pengaruhnya dan akan mengantarkan kita untuk menyambut Ramadhan dengan berbagai ibadah dan amalan yang disunnahkan. Disisi lain tidak akan terjadi gejolak fisik dan proses menyesuaikan terlalu lama seperti bnyak terjadi pada orang yang pertama kali berpuasa misalkan lemas, badan terasa panas dan tidak bersemangat dsb

  1. Memahami Keutamaaan keutamaan bulan Ramadhan

Pada bulan Ramadhan diciptakan oleh Allah penuh dengan keutamaan keutamaan dan kemuliaan, maka mempelajari dan memahami keutamaan keutamaan tersebut akan memotivasi kita untuk lebih meningkatkan amal ibadah kita. Pada bulan Ramadhan inilah kaum muslimin seharusnya melakukan pengembaraan rohani dengan mengekang nafsu syahwat dan mengisi dengan amal-amal yang mulai, semua itu merupakan momen dan sekaligus sarana yang baik untuk mencapai puncak ketagwaan. Dosa dan kekhilafan juga merupakan sasaran yang akan dihapuskan dalam bulan Ramadhan ini. Di antara keutamaan dan kemuliaan bulan Ramadhan adalah Pertama Bulan Ramadhan adalah Bulan kaderisasi tagwa dan bulan diturunkannya Al Qur’an Allah SWT Berfirman : Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang orang sebelum kam, agar kamu bertaqwa (Qs : Al Baqoro :183)   ” Bulan Ramadhan bulan yang didalamnya diturunkan Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasanpenjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang Haq dan yang Bathil) maka barangsiapa mendapatkan hendaklah ia berpuasa (Qs : Al Baqoroh : 185) 

Kedua Bulan Paling utama penuh Berkah, Rosulullah SAW bersabda : Bulan yang paling utama adalah bulan Ramadhan dan hari yang paling utama adalah hari jum’at

Ketiga Bulan Ampunan dosa, bulan peluang emas melakukan ketaatan  Rosulullah SAW bersabda : ” antara sholat lima waktu, dari hari jum’at, dari ramadhan ke Ramadhan, dapat menghapuskan dosa dosa apabila dosa dosa besar dihindari ” (HR Muslim) 

” Barang siapa  puasa karena iman dan mengharap pahala dari Allah, ia akan diampuni semua dosanya yang telah lalu (HR Bukhori – Muslim)

” Apabila ramadhan telah datang pintu syurga dibuka, pintu pintu neraka ditutup dan syetan syetan dibelengu ‘  ( HR Bukhori Muslim}

Keempat Bulan dilipatgandakannya Amal Sholeh

Rosulullah bersabda : Stiap amal anak adam dilipatgandakan pahalannya satu kebaikan menjadi sepuluh kali lipat sampai tujuh ratus kali lipat, Allah Berfirman Kecuali puasa, puasa itu untuk Ku dan Akulah yang akan membalas Nya. ia tinggalkan nafsu dan makanan semata mata karena Ku”. orang berpuasa mendapatkan dua kebahagiaan ketika berbuka dan ketika berjumpa Rabb-Nya, Bau mulut orang yang berpuasa disisi Allah lebih wangi daripada bau parfum misik” (HR, Muslim)

(AR)

2 thoughts on “4 Persiapan Penting Menyambut Bulan Puasa Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

bannera
iklan-besar-fix

Berita Terpopuler

Berita Teknologi

Berita Politik

bannera

Berita Ekonomi