Jembatan Kali Jurang Dandang Rawan Putus, Warga Ketandan Harap Pemkab Segera Turun Tangan

Sabtu, 26 Juni 2021 01:57 WIB
Reporter : YantoSetaiwan

 

Nganjuk, Abdirakyat.com – Masyarakat Desa Ketandan, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk sudah lama mengimpikan jembatan tua menuju Tempat Pemakaman Umum ( TPU) yang sudah berumur puluhan tahun itu segera diperbaiki.

Pasalnya kondisi kontruksinya semakin mengawatirkan, terutama di bagian kaki penyangga badan jembatan sudah mengalami degradasi ( penurun dari dasar sungai,red) karena tergerus air sungai. Sehingga sudah tidak berfungsi secara optimal.

Termasuk bantaran sungai sebagai tumpuhan kepala jembatan, juga terus mengalami longsor. Sehingga jika air sungai dalam kondisi pasang dan deras, maka bisa dipastikan tanah bantaran akan hanyut terbawa derasnya air.

Dengan kondisi seperti itu, menurut penuturan sejumlah warga setempat sudah beberapa tahun terakhir ini saat akan mengubur warga ke TPU tidak berani melewati jembatan tersebut.

“Menuju TPU warga memilih jalan memutar sejauh 5 kilometer melewati jembatan Desa Ngringin. Meskipun lebih jauh, tapi tidak beresiko,”ujar Saji, selaku Kepala Desa Ketandan.

Dikatakan kades juga, awalnya dana pembangunan jembatan akan dianggarkan melalui Dana Desa ( DD), tapi setelah dihitung oleh konsultan perencana ternyata menyerap anggaran besar. 

“Setelah dihitung, anggarannya terlalu besar atau melampaui pagu anggaran dana desa dalam satu tahun anggaran. Akhirnya bersama lembaga desa sepakat mengajukan usulan pembangunan jembatan ke Dinas PUPR Nganjuk,”terangnya juga.

Masih kata kades, upaya tersebut tampaknya sudah ada respon dari dinas PUPR, meskipun masih sebatas cek lokasi. 

“Dari dinas sudah menerjunkan tim survey untuk cek lokasi. Selain menghitung volume pekerjaan juga melihat struktur tanahnya,”kata kades.

Diperkirakan lebih lanjut dikatakan kades, pembangunan jembatan sungai jurang dandang ini akan menyerap anggaran satu milyar lebih. 

“Desa sampai sekarang tinggal menunggu realisasinya,”pungkasnya. (ad/yt/st)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

bannera
iklan-besar-fix

Berita Terpopuler

Berita Teknologi

Berita Politik

bannera

Berita Ekonomi