Bentuk Rasa Syukur, Sekdes Pesantren Tembelang Berbagi Pada Idul Adha 1442 H

Selasa, 20 Juli 2021 11:51 WIB
Reporter : YantoSetaiwan

JOMBANG, Abdirakyat.comHari raya Idul Adha 1442 Hijriyah kali ini berbeda pada tahun-tahun sebelumnya. Karena tahun 2021 ini merupakan tahun kedua, umat muslim di Indonesia menjalani Idul Adha di tengah pandemi Covid-19.

Meskipun dalam kondisi seperti saat ini yang mengharuskan kita membatasi segala bentuk aktivitas di luar, namun tidak mengurangi esensi perayaan hari besar Idul Adha yang terletak di Desa Pesantren, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang.

Salah satunya yakni Saifullah, yang merupakan Sekretaris Desa Pesantren. Ia menyisihkan sedikit Rizkinya untuk membeli hewan ternak jenis Sapi, yang ia sedekahkan untuk berkurban, guna membantu meringankan beban masyarakat.

“Berkurban merupakan bentuk rasa syukur, atas nikmat yang Allah berikan kepada kita semua. Dimana di masa pandemi Covid-19 ini kita masih bisa berbagi kepada masyarakat yang kurang mampu,”katanya kepada Abdirakyat.com. Selasa, (20/7/2021) pagi.

Meski ditengah pandemi Covid-19 hingga saat ini masih terjadi, kegiatan bersedekah akan sangat bermakna bagi masyarakat, khususnya di Desa Pesantren.

“Kurban adalah momentum untuk menumbuhkan jiwa kemanusiaan dan sifat utama disaat pandemi ini,”tuturnya.

Menurutnya, daging kurban nantinya akan dibagikan kepada masyarakat yang kurang mampu, di area sekitar kantor desa. sebaiknya diantarkan langsung kepada penerima.

“Nanti kita bersama Kepala Dusun (Kasun) akan mengantarkan langsung dagingnya kepada penerima di sekitaran kantor Desa Pesantren,”pungkas Saifullah. 

Ditempat yang sama, calon istri Saifullah, Onya mengatakan, bahwa penyembelihan hewan qurban sengaja ia lakukan di Desa Pesantren karena banyak warga setempat kurang mampu dan membutuhkan daging untuk keperluan penambahan imun.

“Pada umumnya, hewan kurban disembelih di masjid atau musala atau lapangan tempat pelaksanaan shalat. Namun, kali ini kita fokuskan disini agar dapat membantu meringankan beban masyarakat,”ucap Onya.

Pada moment tersebut, Onya berharap, dengan kegiatan berkurban yang ia lakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Pesantren.

“Saya Bersyukur sudah diberikan kesempatan sebagai salah seorang muslim yang bisa berkurban pada saat lebaran Idul Adha. Semoga apa yang kita lakukan ini dapat bermanfaat bagi semua orang,”tandasnya. (ry/st/ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

bannera
iklan-besar-fix

Berita Terpopuler

Berita Teknologi

Berita Politik

bannera

Berita Ekonomi