Antisipasi Kelangkaan Pupuk, DPD PKS Jombang Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Bagi Petani

Kamis, 17 Juni 2021 10:45 WIB
Reporter : YantoSetaiwan

 

Jombang, Abdirakyat.com – Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Jombang, mengadakan pelatihan pengelolaan kotoran hewan, menjadi pupuk organik. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kelangkaan pupuk di pasaran dan pupuk bersubsidi yang semakin berkurang. Kamis, (17/6/2021).

Pelatihan tersebut dihadiri oleh Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan, Ketua bidang BPN DPW Jatim Alwi, Ketua DPD PKS Jombang Didik Darmadi dan Rochmad Abidin Anggota DPRD Jombang.

Pelatihan yang di ikuti oleh 40 orang peserta dengan tetap menjalankan Protokol Kesehatan (Prokes) itu digelar di PKBM Syubbanul Khoir, Desa Pojokkulon, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, yang bertujuan agar petani tidak terlalu bergantung pada pupuk kimia.

Dalam pelatihan itu pun sejalan dengan program pemerintah yang sedang giat mengampanyekan pertanian organik.

Ketua DPW PKS Jawatimur, Irwan Setiawan dalam sambutannya mengatakan, program pelatihan pembuatan pupuk organik hadir bersama masyarakat untuk membantu menyelesaikan permasalahan rakyat, yakni dengan bergandengan tangan untuk meningkatkan produksi pertanian dan peternakan menuju kedaulatan pangan.

“Pelatihan ini merupakan bentuk kepedulian PKS kepada petani, serta dapat memberikan manfaat yang besar bagi petani disaat semakin berkurangnya jatah pupuk bersubsidi. Inovasi di bidang pupuk itu diharapkan bisa swasembada pangan, guna mendukung ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan,”terangnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Didik Darmadi, selaku Ketua DPD PKS Jombang, bahwa ia berupaya untuk membekali petani dengan beralih ke pupuk organik atau non kimiawi, untuk mengembalikan kesuburan tanah dan dapat meningkatkan hasil pertanian. Agar petani dapat mandiri dan juga sejahtera.

“Pelatihan ini juga untuk memberdayakan masyarakat (petani) dalam bidang pemanfaatan kotoran, menjadi lebih bermanfaat. Sehingga wujud nyata kehadiran PKS untuk masyarakat benar-benar bisa dirasakan,”tutur Didik.

Sementara itu, Rochmad Abidin, selaku Anggota DPRD Jombang dari komisi B yang membidangi Pertanian, kepada Abdirakyat.com menyampaikan, Program PKS sejalan dengan program pemerintah, yaitu untuk memajukan para petani agar tidak tergantung dengan pupuk kimia.

“Kami menggarisbawahi, kami selaku anggota DPRD dari PKS tetap akan memperjuangkan pupuk bersubsidi agar tidak dikurangi dan tetap mengawal pemerintah agar tidak terjadi kelangkaan pupuk,”tegasnya. (yt/st/my)

4 thoughts on “Antisipasi Kelangkaan Pupuk, DPD PKS Jombang Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Bagi Petani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

bannera
iklan-besar-fix

Berita Terpopuler

Berita Teknologi

Berita Politik

bannera

Berita Ekonomi