Anggota Komisi D DPRD Jombang Kecam Kasus Pembuangan Anak

Rabu, 14 Juli 2021 02:49 WIB
Reporter : YantoSetaiwan

 

JOMBANG, Abdirakyat.com – Kejadian penemuan seorang bayi laki-laki yang dibuang oleh orang tuanya di sungai Irigasi Sawah, Dusun/Desa Kendalsari, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang pada Sabtu, (03/7/2021) waktu lalu, mendapat perhatian serius dari Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Jombang, Cak Mustofa.

Cak Mustofa, SPt saat dimintai keterangannya terkait tanggapannya terhadap kasus pembuangan bayi yang marak terjadi di wilayah Kabupaten Jombang. Ia pun menyampaikan rasa ironis setelah mendengar berita tentang pembuangan bayi itu.

“Kejadian pembuangan bayi yang terjadi di Jombang ini, saya merasa sungguh ironis, apalagi yang melakukan adalah anak sekolah SMP. What Rong (Apa yang salah…?) dan akhir-akhir ini marak kejadian seperti ini,”katanya, kepada Abdirakyat.com. Rabu, (14/7/2021).

Menurutnya, dari kejadian itu pihaknya meminta Pemerintah Daerah maupun Dinas terkait, dapat memberikan evaluasi agar dapat meminimalisir kasus pembuangan bayi yang dilakukan oleh anak dibawah umur.

“Untuk Pemda atau Dinas terkait harus melakukan telaah dan evaluasi. Sehingga program kegiatan ke depan diprioritaskan untuk pencegahan dan penanggulangan, serta penanganan, mumpung APBD perubahan belum dibahas,”ujarnya.

Terkait refokusing, masih Cak Mustofa, tolonglah perpegangan teguh pada tema pembangunan yang terkait dengan pemeliharaan kesehatan dan lain-lain. Sehingga peristiwa kejadian ini sangat linier dan nyambung.

“Pihak Disdikbud juga harus mengkaji dan mentelaah dan evaluasi, agar kejadian ini tidak terulang dan angkanya bisa menurun,”paparnya.

Cak Mustofa menuturkan, dari kejadian itu bisa dari efek sekolah daring, sehingga banyak materi pendidikan yang bisa terserap secara maksimal.

“Diharapkan untuk aparat Satpol PP dan Kepolisian dapat lebih bersinergi dalam meningkatkan operasi jam sekolah, tempat kos-kosanan dan lain-lain, agar dapat meningkatkan penyuluhan bahaya hubungan diluar nikah. Sehingga angka kejadian seperti ini bisa menurun dan saya ingatkan, kita pada Tahun 2017 sudah pernah mendapatkan penghargaan Kabupaten layak anak, mari kita jaga itu,”pungkas Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Jombang, Cak Mustofa, SPt. (ry/st/ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

bannera
iklan-besar-fix

Berita Terpopuler

Berita Teknologi

Berita Politik

bannera

Berita Ekonomi