Perhutani KPH Jombang Bekerjasama Dengan LMDH Mitra Wana Sejahtera Tanam Talas Beneng

Rabu, 5 Mei 2021 05:26 WIB
Reporter : YantoSetaiwan

 

Jombang, Abdirakyatnews – KPH Perhutani Jombang, menjalin kerjasama dengan LMDH Mitra Wana Sejahtera lakukan penanaman talas beneng di petak 55C dan 55D RPH Lebak Jabung BKPH Jabung di Desa Lebakjabung Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto.Talas Beneng merupakan tanaman jenis umbi-umbian asli Pandeglang yang tengah populer di masyarakat.

Menurut Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian, talas beneng 

merupakan tanaman umbi-umbian dari spesies Xanthosoma Undipes

K. K.Koch bernilai strategis sebagai bahan pangan lokal untuk ketahanan pangan.Talas Beneng ini banyak digunakan untuk bahan baku tepung yang dikirim ke industri makanan sebagai bahan campurannya dan daun kering dapat export ke Australia, Malaysia dan New Zealand dimanfaatkan sebagai bahan baku rokok.

Administratur Perhutani Jombang Muklisin menuturkan, tanaman talas beneng adalah tanaman yang sangat menjanjikan di kancah international, maka dengan ditanda tanganinya kerjasama tanaman talas beneng dibawah tegakan diwilayah kerja Perhutani Jombang dapat mendongkrak ketahanan pangan yang telah programkan oleh kementerian Pertanian.

“Semoga kerjasama yang kita lakukan membawa keberkahan dan diridhoi oleh Allah SWT,”tuturnya. Senin (3/5/2021).

Achmad Yani Ketua LMDH Mitra Wana Sejahtera Desa Lebakjabung, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, menyampaikan, rencana kerjasama dengan Perhutani KPH Jombang, untuk penanaman talas beleng tersebut seluas kurang lebih 20,7 ha.

“Harapan kami dengan adanya kerjasama tanaman talas beneng ini bisa membantu perekonomian masyarakat di sekitar hutan,”ujarnya.

Heri selaku offtaker tanaman talas beneng menyampaikan mengucapkan terima kasih kepada pihak Perhutani KPH Jombang yang bersedia melakukan perjanjian kerjasama tananaman talas beneng diwilayahnya.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak Perhutani KPH Jombang semoga kerjasama ini sebagai awal bentuk Sinergitas dengan stakeholder untuk bisa mengangkat perekomian masyarakat di sekitar hutan yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Mitra Wana Sejahtera,”pungkas. Hari (st/ry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

bannera
iklan-besar-fix

Berita Terpopuler

Berita Teknologi

Berita Politik

bannera

Berita Ekonomi