Kisah Penjual Es Dawet Di Tembelang Yang Bertahan Hingga Tiga Kali Turunan

Rabu, 21 April 2021 23:14 WIB
Reporter : YantoSetaiwan
caption foto :penjual Es Dawet Tembelangg

Jombang, AbdirakyatNews – Kisah inspiratif dan pantang menyerah datang dari seorang penjual es dawet dan juga gorengan, yang terletak di Dusun Ngledok, Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang.

Meskipun di Negeri sampai saat ini masih dilanda pandemi Covid-19, ia tetap mempertahankan jualannya yang ia tekune hingga puluhan tahun.

Salah satunya yakni Sumarjoko (46), warga Dusun Ngledok, Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang. Ia menjelaskan tentang sejarah berdirinya berjualan es dawet.

“Awalnya tidak begini, dulunya hanya satu meja kecil yang dibuat untuk berjualan. Akan tetapi sekarang kita rehap dan mejanya kita buat lebih besar dan panjang,”ucapnya kepada media kakikakirakyat.com. Rabu, (21/04/2021) siang.

Sumarjoko mengatakan, bahwa ia merupakan penerus penjual es dawet yang turun temurun di nomor 3 (Tiga) dan berlangsung hingga saat ini.

“Jualan yang saya tekuni sampai saat ini merupakan warisan leluhur dan hingga tiga kali turunan termasuk saya ini,”tuturnya.

Sedangkan untuk omset yang ia dapat berjualan dalam sehari, mulai dari pukul 07.00-16.00 WIB, ia mengaku bisa mendapatkan uang senilai jutaan rupiah.

“Semenjak pandemi Covid-19 ini, hasil yang kita dapat menurun. Dulu dalam sehari masih mendapatkan hasil 1 juta sampai 1,5 juta. Namun, sekarang mendapat 800 Ribu sampai 900 Ribu Rupiah,”ucapnya dengan nada kecewa.

Ia pun berharap, agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan pemulihan ekonominya dapat kembali normal seperti sediakala.

“Semoga pandemi Covid-19 yang melanda di Kabupaten Jombang ini segera berakhir dan dapat memulihkan aktivitas, serta perekonomian masyarakat,”pungkasnya. (ry/st)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

bannera
iklan-besar-fix

Berita Terpopuler

Berita Teknologi

Berita Politik

bannera

Berita Ekonomi