Purnomo Hadi Kepala Dinas Kehutanan Jatim Pungut Nira Bersama Perhutani Jombang

Jumat, 16 April 2021 22:25 WIB
Reporter : YantoSetaiwan
Purnomo Hadi Kepala Dinas Kehutanan Jatim Bersama Perhutani Jombang

Jombang, AbdirakyatNews – Perum Perhutani bersama Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, melaksanakan pemungutan pohon Aren (Nira) di kawasan hutan RPH Bajang, BKPH Krondong, KPH Jombang.

Kegiatan itu dilaksanakan pada Selasa, (13/04/2021) di Desa Bajang, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk, yang juga diikuti oleh Administratur Jombang Muklisin, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur Purnomo Hadi dan ketua LMDH Sendangsoko.

Administratur Jombang, Muklisin dalam keterangannya menyampaikan, bahwa sinergi antara LMDH Sendangsoko dengan perhutani selama ini terjalin dengan baik.

“Saya berharap, dengan adanya tanaman aren yang berada dikawasan RPH Bajang, BKPH Krondong, KPH Jombang yang masuk wengkon dari LMDH Sendangsoko ini bisa menambah pendapatan atau mengangkat perekomian masyarakat Desa Bajang. Sehingga, kedepan akan terwujud yang namanya hutan lestari dan masyarakat sejahtera,”tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Purnomo Hadi dalam keterangannya mengatakan, nira tersebut dihasilkan dari pohon aren, kemudian diolah dan dijadikan gula aren.

“Manfaat nira sangat banyak, di antaranya untuk menjaga kekebalan tubuh dan mengatasi lelah, karena kekuranga energi. Kita dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur akan siap untuk membantu proses pemasarannya. Diharapkan produksi gula aren yang di tanam di wilayah hutan yang dikelola Perhutani ini dapat menunjang perekomian masyarakat Desa Bajang, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk, sehingga masyarakat tidak akan lagi merusak hutan, akan tetapi sebaliknya akan membantu ikut serta untuk melestarikan hutan,”ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Panggih selaku Ketua LMDH Sendangsoko, menyampaikan terimakasih kepada perhutani dimana telah dibolehkan untuk menanam pohon aren di wilayah hutan Perhutani.

“Semoga Perhutani kedepan diberikan keberkahan dan kesuksesan dalam setiap langkah dan kegiatannya,”pungkasnya. (ry/st)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

bannera
iklan-besar-fix

Berita Terpopuler

Berita Teknologi

Berita Politik

bannera

Berita Ekonomi