Perhutani KPH Jombang Bersama Kadishut Provinsi Jatim Dan LMDH Ngudi Lestari Panen Daun Kelor

Jumat, 16 April 2021 22:17 WIB
Reporter : YantoSetaiwan
Perhutani Bersama Kadishut Provinsi Jatim Dan LMDH Ngudi Lestari Panen Daun Kelor

Jombang, Abdirakyat.com – Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, bersama dengan Perhutani dan juga LMDH Ngudi Lestari, pada Selasa, (13/04/2021) melaksanakan kegiatan panen daun kelor, dikawasan hutan RPH Ngujung, BKPH Barat KPH Jombang, tepatnya di Desa Ngujung, Kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk.

Administratur Perhutani KPH Jombang, Muklisin menjelaskan, berawal dari keprihatinan tentang lahan hutan yang setiap hari semakin kritis dan program penghijauan hanya sekedar program seremonial yang tidak jelas target capaian, serta keberhasilannya.

“Berdasarkan kegagalan tersebut, maka kita desain program penghijauan itu dengan berbasis pada kemandirian petani hutan. Kita rubah mindset petani yang semula menebangi pohon hutan, kini menjadi pelestari hutan. Kemudian kita pilihkan tanaman konservasi yang bisa panennya lebih cepat dan berkali-kali, serta memiliki nilai ekonomis yang tinggi, maka tanaman kelor menjadi pilihan kita,”terangnya,

Muklisin juga menyampaikan, bahwa perjanjian kerjasama tanaman kelor dengan LMDH Ngudi Lestari di petak 172a dan 173b ini, ia berharap agar dapat menambah income atau pendapatan bagi masyarakat sekitar hutan, untuk tidak lagi menebang atau mencuri kayu di hutan Perhutani. Tetapi malah sebaliknya, yaitu ikut melesatrikan hutan.

“Karena prospek daun kelor itu sangat bagus, baik di kancah nasional maupun internasioanal. Kalau masyarakat sudah tau dan sadar akan keberadaan hutan, maka secara otomatis hutan lestari dan masyarakat sejahtera akan bisa terwujud,”pungkasnya.

Sementara itu, Purnomo Hadi, selaku Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur dalam keterangannya mengatakan, bahwa daun kelor yang barusan yang dilakukan merupakan panen bersama Perhutani, Kadishut Provinsi Jatim dan LMDH Ngudi Lestari.

“Biar terus membawa keberkahan untuk masyarakat Ngujung dan sekitarnya yang tergabung dalam LMDH dan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur siap untuk membantu alat pengering daun / oven pengering daun kelor untuk pengering daun kelor yang sudah dipanen. Dari pemanfaatan hutan diwilayah kerja Perhutani, agar dapat ditanami kelor maka masyarakat yang sehari-harinya mencuri kayu di hutan perhutani, maka dia akan menanam pohon kelor untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan pokok keluarga dalam kehidupan sehari-hari. Kalau semua masyarakat sekitar hutan sudah punya penghasilan pokok, maka akan segera terwujud yang namanya Hutan lestari dan masyarakat sejahtera,”ucapnya.

Tarkham, selaku Ketua LMDH Ngudi Lestari dalam keterangan singkatnya menyampaikan, dengan dijinkannya penanaman pohon kelor di kawasan hutan perhutani yang dikemas lewat perjanjian kerjasama antara perhutani dengan LMDH, maka dengan demikian penghasilan masyarakat sekitar hutan akan meningkat serta perekomian akan otomatis ikut terangkat pula.

Pada kesempatan itu, Hardi selaku Kepala Desa Ngujung, Kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk memberikan suport tentang semua kegiatan yang dilakukan LMDH Ngudi Lestari.

“Saya selaku Pembina dalam kepengurusan LMDH, mengucapkan terima kasih pada Perhutani yang telah menjalin kerjasama menanam pohon kelor dihutan Perhutani dan saya mewakili masyarakat desa ngujung, saya do’akan semoga perhutani jombang semakin lancar dan sukses dalam setiap kegiatan,”pungkasnya. (ry/st)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

bannera
iklan-besar-fix

Berita Terpopuler

Berita Teknologi

Berita Politik

bannera

Berita Ekonomi